Skip to main content

"TAMBANG DAN KEHIDUPAN"

Cukup lama tidak ada posting dari teman-teman sesama 99ers, hari senin kemarin  ada satu posting komen di group 99ers on Facebook yang kiranya bisa di posting di blog ini, ditampilkan dengan paradigma yang khas, buat pembaca artikel ini selamat membaca dan semoga bisa memberi manfaat,  paradigma Sdr Kurniawan Edy M, ST:

"TAMBANG DAN KEHIDUPAN"
Tahukah Anda kalau BlackBerry / tablet / PC / HP/ laptop yg kita pegang untuk membaca tulisan ini adalah hampir seluruhnya hasil tambang (besi, tembaga, nikel, kaca, dll).
Di sekeliling kita, hampir 95% rata-rata hasil tambang (Semen, TV, Mobil, Motor, Sepeda, Kaca mata, Laptop, bahkan kosmetik, dan banyak lagi di dalam kehidupan sehari-hari kita) yg telah menjadi kebutuhan manusia hingga hari ini.
Lantas kenapa masih ada orang yang teriak menolak tambang ???
  1. Karena Merusak Lingkungan!! Apa Benar ?? Kenyataannya, TIDAK ada satupun teori dan Aturan yg membenarkan bahwa tambang itu merusak lingkungan. Bahkan pemerintah di haruskan oleh UU untuk mengawasi dan menegur tambang yg merusak lingkungan, bahkan mencabut izinnya.Lantas kenapa masih ada beberapa tambang yg merusak lingkungan ?Karena "moral" dan pengawasan dari pemerintah yang masih sangat lemah. Sehingga membiarkan tambang merusak lingkungan, di tambah dengan pelaku-pelaku tambang yg tidak peduli akan lingkungan.Lebih tepatnya, Tambang bukan MERUSAK Lingkungan, tapi MERUBAH Bentang Alam.Dan itu WAJAR !!. karena kita telah mengambil isi di dalamnya yg di pergunakan untuk menopang kehidupan manusia, menjadi Handphone, TV, Laptop, Semen, Kacamata, dan lain sebagainya.
  2. Merubah bentang alam berarti menurunkan muka air tanah, merubah "home range" fauna, menghilangkan keanekaragaman hayati, mempengaruhi iklim lokal dan merubah pola hidrologi pada DAS (Daerah Aliran Sungai). Jd apa yg tambang lakukan untuk perubahan ini? Keberlanjutan itu ditentukan 3 pilar yaitu sosial ekonomi dan lingkungan.kalau tambang yg mengikuti pola penambangan yang baik dan benar "good mining practice" pasti dalam merubah bentang alam mempertimbangkan semua aspek (Sosial Ekonomi, budaya dan lingkungan). Bentang alam yang berubah tersebut di re-shaping (dibentuk ulang) dengan rekayasa enginering guna mendekati/mengembalikan kondisi hayati, iklim, hydrologi, dll seperti sebagai mana sebelumnya minimal mengembalikan kondisi tersebut 90 %.
  3. Karena Membawa Kesengsaraan kepada Rakyat !!! Apa Benar ?? Buktinya, suatu area pedalaman yg tertinggal, bangkit drastis perekonomian masyarakatnya setelah adanya perusahaan tambang. Terbuka lapangan kerja besar-besaran terutama bagi masyarakat sekitar yg tadinya penuh akan pengangguran. Dan pastinya pendapatan daerah melonjak naik, baik dari sektor Pajak, Royalti, dan banyak lainnya.
  4. Bagaimana kalau tambang tutup, apakah sudah disiapkan agar kehidupan sosial ekonomi lingkungan tetap berlanjut? Untuk lingkungan/bentang alam ada namanya JamRek (Jaminan Reklamasi), revegetasi/rehabilitasi lahan, untuk sosial ekonomi dengan pemberdayaan masyarakat atau pelatihan ke masyarakat mengenai keterampilan lain selain jadi kuli tambang misalnya pertanian, perkebunan, dan keahlian lainnya agar bisa mandiri jika tambang didaerahnya tutup.

Lantas apakah kita masih menolak tambang ?
Ketika kita menolak tambang, berarti kita menolak keberlanjutan kehidupan manusia.



Best Regards,
Kurniawan Edy Mattalitti

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja di PT PASIFIK SATELIT NUSANTARA

Artikel ini berasal dari rekan Kurniawan Edy, ST yang berminat dan memiliki spesifikasi seperti pengumuman lowongan kerja dibawah ini bisa mendaftarkan diri..semoga beruntung..!! PASIFIK SATELIT NUSANTARA, PT Company Description URGENTLY REQUIRED PT. Pasifik Satelit Nusantara is Indonesia is first private satellite telecommunications company and one of the leading satellite companies in Asia Pacific region. Headquartered in Indonesia , the Company is focused on becoming a fully integrated provider of satellite based telecommunication products and services in the region. Due to the Company is rapidly expanding business; we invite young, energetic and talented person to join our professional team as : Engineer Staff (Eng) Requirements : * Minimum holds a Sarjana Strata 1 Degree majoring in Electrical Engineering/ Telecommunicatio n * Engineering from reputable university. * Less than 27 years old * Willing to be located on Cikarang office on shift-based working hours Please send your rec

EPIC MATCH..!!! (Video FUTSAL ALUMNI SMA 4 KENDARI 2018)

Foto bersama angkatan 99 & 2000 Ini merupakan video dokumentasi pertandingan futsal alumni SMA 4 Kendari tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Alumni tahun 2011 dipertengahan Juni 2018 lalu, dibabak penyisihan Tim Futsal angkatan '03, '00 dan '99 bertemu dalam satu grup, dan yang selalu menarik adalah pertemuan dua alumni terlawas dalam kompetisi tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, kecuali tahun 2017 angkatan 97 jadi yang terlawas.. walaupun masuk kategori terlawas '99ers tetap terlihat lebih "Fresh" dipertemuan ini, bahkan ketika mereka bertemu dengan angkatan '03 sekalipun. 😂😂😂

BONEKA dan Uang 1 Milyar

Artikel berikut adalah email kiriman dari Sdr Ikhdar yang menurut saya pantas buat dibaca juga oleh Reader blog ini, sayang asal muasal artikel ini tidak dicantumkan tapi walaupun begitu semoga membawa manfaat setelah membacanya BONEKA dan Uang 1 Milyar Seorang pria dan wanita telah menikah selama lebih dari 60 tahun. Mereka saling berbagi apa saja. Mereka berbincang tentang apa saja. Mereka tidak menyimpan rahasia satu dari yang lain, kecuali bahwa wanita tua itu mempunyai sebuah kotak sepatu di lemari pakaiannya yang dia katakan kepada suaminya untuk tidak sekali2 membukanya atau bahkan menanyakan tentang barang itu kepadanya.